Hidangan Polandia Terbaik untuk Pecinta Makanan Laut

Hidangan Polandia Terbaik untuk Pecinta Makanan Laut – Dengan wilayah danaunya yang menakjubkan, Masuria dan Pantai Baltik yang indah, Polandia tidak kekurangan tempat yang bagus untuk memancing dan menemukan makanan laut yang luar biasa. Resep ikan dan makanan laut tradisional bervariasi di seluruh wilayah Polandia, dengan banyak restoran khusus menyajikan hidangan laut terbaik mereka. Daftar ini akan membuat lidah Anda bersemangat saat mencicipi beberapa makanan laut Polandia terbaik.

Pierogi z ososiem

Pierogi Polandia yang terkenal adalah pangsit yang terbuat dari adonan dengan berbagai isian, mulai dari sayuran hingga daging hingga buah. Tapi pilihan ikan yang bagus adalah pierog z ososiem. Ini adalah pierogi berbasis makanan laut terbaik di sekitar, penuh dengan salmon segar, ditangkap langsung dari Danau Masuria atau pantai utara Polandia yang indah di Laut Baltik. Tempat yang ideal untuk mencoba pierogi jenis ini adalah di resor tepi laut Gdynia atau Sopot, di mana jenis pierogi berbasis makanan laut lainnya juga ada.

Sup udang karang dan jelatang

Pantai utara Polandia menawarkan berbagai sup, hidangan utama, dan salad yang sensasional, dengan ikan sebagai salah satu bahan utamanya, berkat perairan Laut Baltik yang segar. Di tepi sungai di Gdańsk, di salah satu restoran kecil tertua dan paling aneh di kota, Kubicki. Ada sup bayam dan jelatang udang karang khusus yang tersedia. Dikenal dalam bahasa Polandia sebagai Zupa z pokrzywy oraz szpinaku z kremem serowym i szyjkami rakowymi, hidangan ini adalah sup ikan Polandia. Teguk dengan roti dengan mentega atau smalec (lemak babi) di atasnya.

ledź

ledź adalah ikan haring dan harus dimakan saat Anda menghadiri pernikahan Polandia! Mereka biasanya sedikit asin dan dicelupkan ke dalam minyak bawang acar, seringkali dengan dill dan tomat di piring. Banyak orang Polandia makan ledź sambil minum vodka. Selain populer di pesta pernikahan, banyak bar di seluruh Polandia menyertakan ledź sebagai camilan bar, Anda dapat mencoba hidangan ini di setiap Pijalnia Wódki i Piwa di negara ini hanya dengan 9 złotych (2 Euro).

Pstrąg po galicyjsku (ikan trout Galicia)

Galican trout adalah ikan sungai segar yang ditangkap kemudian dibilas dan dibersihkan sebelum digoreng dengan minyak panas di kedua sisinya. Ikan dilumuri garam dan bawang putih cincang sebelum disajikan dengan peterseli, merica, dan lemon. Itu bisa disertai dengan panekuk kentang ala Polandia.

osoś baltycki (salmon Baltik)

Nelayan di pantai Baltik Polandia sedang mencari ikan salmon segar, yang dikenal sebagai osoś baltycki. Koki di kota tepi laut seperti Sopot memiliki resep dan cara mereka sendiri untuk memasak ikan Polandia yang lezat dan kaya ini. Tapi biasanya dipanggang atau direbus dalam saus dill dan disajikan dengan lemon dengan salad kecil sebagai starter.

Forszmak

Forszmak adalah hidangan pembuka lezat yang dibuat dengan ikan asin atau daging cincang yang bervariasi dari satu negara ke negara lain dan bahkan dari satu wilayah ke wilayah lainnya. Polandia, Jerman, dan Rusia semuanya memiliki resep forszmak mereka sendiri. Dalam pilihan makanan laut, herring dicincang dan dicampur dengan smietana (krim asam) dan dipanggang. Dapat disajikan dalam panci kecil dengan keju leleh dan bawang di atasnya. Variasi lainnya termasuk pilihan daging; menambahkan bahan seperti telur atau kentang juga biasa.

Ryba po Grecku

Terlepas dari kenyataan bahwa ini diterjemahkan sebagai ‘ikan Yunani’, ini sebenarnya adalah hidangan Polandia tetapi telah memiliki nama ini selama berabad-abad. Ikan yang digunakan biasanya hinggap, tombak atau kapur sirih. Ikan dimasak dalam tepung dan minyak sebelum ditambahkan saus tomat dan sayuran basah. Rahasianya ada pada sausnya yang terbuat dari tomat, wortel, bawang bombay dan sayuran lainnya (bisa dipilih) yang digoreng dengan minyak ditambah bumbu, garam dan merica.

Okoń smażony

Tempat bertengger Polandia (okoń) digunakan di banyak hidangan. Salah satu hidangan seperti itu, okoń smażony (w zalewie octowej), adalah makanan yang digoreng utuh dengan cuka. Tergantung pada koki dan di mana Anda mencobanya, ini bisa menjadi hidangan pembuka yang lezat atau bahkan hidangan utama dengan tambahan sayuran.

Szałot (salad ikan dan kentang Silesia)

Salad ikan yang populer yang disebut szałot adalah makanan regional di bagian Silesia (Śląsk) di Polandia. Bahan utamanya adalah ikan dan kentang. Itu terbuat dari kotak kentang rebus dan acar ikan. Ditambahkan ke ini adalah beberapa sayuran seperti wortel dan kacang polong. Ham dan sosis juga bisa ditambahkan dan mayones diletakkan di atasnya. Bahan-bahan lainnya termasuk telur dan rempah-rempah, dan itu membuat lauk yang lezat di pesta Polandia di wilayah Silesia.

Chrismast Eve Rollmops

Meskipun Rollmops awalnya mungkin Jerman, mereka adalah bagian yang sangat penting dari budaya Polandia, terutama di Wigilia (Malam Natal). Malam Natal secara tradisional di Polandia terdiri dari 12 hidangan yang tidak bisa berupa daging tetapi bisa termasuk ikan. Salah satu dari 12 hidangan ini sering kali adalah rollmops, yaitu ikan mas atau ikan haring yang digulung dan terkadang disajikan dengan acar ketimun (ogorki).