Penggemar Seafood Akan Menyukai Hidangan Korea Selatan Ini – Dikelilingi oleh air di tiga sisi, semenanjung Korea Selatan terkenal dengan makanan lautnya. Dari resep sederhana seperti sup ikan dan kerang bakar hingga hidangan aneh seperti gurita hidup dan sepatu roda fermentasi, ada banyak hal yang bisa dinikmati oleh pecinta makanan laut. Ambil sumpit Anda, dan bersiaplah untuk makan!

Agujjim (아구찜)

Kadang-kadang disebut sebagai “daging sapi laut”, ikan pemancing yang direbus adalah fokus dari agujjim, dan disajikan di dropwort dan tauge. Bahan-bahannya membuat hidangan yang sekaligus asam dan gurih, serta lembut dan renyah. Tidak tahan pedas? Anda mungkin tidak terlalu ingin makan ini, karena saus bubuk cabai, pasta cabainya banyak sekali, memberikan rasa pedas yang kuat.

Chueotang (추어탕)

Rebusan lezat ini mengambil namanya dari bahan utamanya, ikan lumpur air tawar (chueo). Setelah direbus dan dihancurkan, ikan tersebut dimasak dengan berbagai macam sayuran seperti tauge, lobak kering, batang ubi jalar, dan kol. Meskipun rasa rebusannya sangat memuaskan, teksturnya yang unik inilah yang membedakannya dari sup seafood lainnya.

Gaebul (개불)

Mungkin salah satu hidangan makanan laut paling aneh dalam daftar ini, gaebul (alias “ikan penis”) adalah spesies cacing laut yang Anda dapat menebaknya terlihat seperti bagian tertentu dari anatomi pria. Sering dikonsumsi sebagai afrodisiak untuk pria, diketahui menyemburkan aliran air asin saat digigit.

Ganjang Gejang (간장게장)

Favorit orang Korea, ganjang gejang, atau kepiting kecap, disiapkan dengan mengasinkan kepiting mentah segar dalam ramuan kecap dan cuka selama sekitar tiga hari. Disajikan dingin, sering kali sebagai lauk, kepedasan kepiting yang tajam sangat membuat ketagihan sehingga kadang-kadang disebut “pencuri nasi” dalam bahasa Korea, mengacu pada fakta bahwa pengunjung sering makan lebih banyak nasi hanya agar bisa disajikan lebih banyak gejang. Lakukan seperti yang dilakukan penduduk setempat dan tambahkan nasi ke cangkang kepiting, campur dengan daging dan saus, dan selamat makan!

Godeunggeo Gui (고등어구이)

Dipanggang dengan sempurna, makarel asin dapat dinikmati sendiri atau ditambahkan ke nasi. Selain lezat, itu juga merupakan sumber asam lemak omega 3, protein, vitamin, dan mineral. Ini, bersama dengan harganya yang terjangkau, menjadikannya salah satu hidangan seafood paling umum di Korea Selatan.

Haemul Pajeon

Renyah dan mengenyangkan, panekuk gurih Korea terasa paling enak saat disajikan dengan penuh kerang, sotong, dan jenis makanan laut lainnya. Variasi hidangan populer ini disebut haemul (makanan laut) pajeon, dan meskipun lezat kapan saja, orang Korea sering menikmatinya dengan makgeolli, anggur beras bersoda, pada hari hujan.

Hongeo (홍어)

Makan sepiring hongeo, atau skate yang difermentasi. Skate tidak buang air kecil seperti ikan lainnya, melainkan melewatkan asam urat melalui kulit mereka. Saat ikan difermentasi, asam urat terurai menjadi senyawa yang mengeluarkan aroma kuat amonia. Meskipun baunya agak tengik, hongeo dikemas dengan kolagen, yang membantu membuat kulit bercahaya.

Jjambbong (짬뽕)

Selain jjajangmyeong (mie kacang hitam), jjambbong, sup mie seafood, merupakan inti dari masakan pengiriman rumah Korea. Sayuran dan berbagai jenis makanan laut mulai dari cumi-cumi hingga kerang disajikan di atas hamparan mie kenyal dalam kuah kaldu yang pedas dan beraroma. Ini adalah makanan Cina Korea yang terbaik.

Jogae Gui (조개구이)

Satu pengalaman bersantap yang tidak boleh dilewatkan saat mengunjungi salah satu kota pesisir Korea adalah menyantap jogae gui, atau kerang bakar, di restoran tepi laut. Pemandangan ajumma (wanita paruh baya) mengantarkan makanan laut yang baru ditangkap ke meja Anda, suara dentingan gelas soju, dan aroma kerang yang dipanggang perlahan di atas api terbuka berujung pada makanan yang benar-benar fantastis.

Bajirak Kalguksu (바지락 )

Bahkan orang yang paling pemilih pun tidak bisa tidak jatuh cinta dengan kalguksu, sup mie potong tangan. Sederhana namun beraroma, hidangan Korea yang lezat ini sangat enak jika dipenuhi dengan bajirak, atau kerang. Kaldu asin yang gurih sangat enak sehingga Anda mungkin akan meminumnya langsung dari mangkuk.

Nakji bokkeum (낙지볶음)

Dinikmati di seluruh wilayah negara, nakji bokkeum adalah kuliner klasik Korea. Gurita digoreng dengan sayuran dalam saus pasta cabai, bubuk cabai, paprika hijau, dan cabai. Bahan-bahan yang masing-masing pedas sendiri tetapi secara kolektif setara dengan hidangan yang sangat berapi-api. Jika disiapkan dengan benar, gurita yang kenyal disiram dengan saus kental berwarna merah tua yang begitu lezat sehingga Anda akan melupakan rasa sakit saat memakannya.

Odeng (오뎅)

Dikonsumsi sebagai camilan saat bepergian, makanan ringan, atau lauk untuk minum, kue ikan yang ditusuk adalah makanan jalanan yang dapat ditemukan di hampir setiap sudut negara. Populer sejak zaman pendudukan Jepang, kelezatan kenyalnya yang gurih, dan mengenyangkan.

Sannakji (산낙지)

Dibuat terkenal di seluruh dunia oleh film Park Chan-wook Oldboy, sannakji, atau gurita hidup, terdiri dari tentakel cincang (yang menggeliat saat Anda memakannya) yang disajikan dengan pilihan saus celup. Sannakji bukanlah hidangan yang paling mudah untuk dimakan pengisap itu cenderung menempel di piring tetapi membuat pengalaman kuliner yang sangat berkesan.